Wednesday, September 24, 2014


Penyebab penyakit lemah jantung dan cara pengobatannya, Penyakit lemah jantung merupakan kondisi dimana jantung tidak dapat menjalankan fungsi sebagaimana mestinya, keadaan ini menimbulkan penderita mengalami sesak nafas, kelelahan, detak jantung cepat dan tidak beraturan, batuk kronis serta penumpukan cairan atau pembengkakan pada bagian tangan dan kaki, penderita juga mengalami penurunan nafsu makan dan gangguan dalam berfikir.

PENYEBAB PENYAKIT LEMAH JANTUNG

Lemah jantung ini terjadi ketika bagian jantung terjadi penyumbatan di salurannya. Dengan adanya penyumbatan ini, alirah darah tidak dapat dialirkan dengan normal ke seluruh tubuh. Banyak hal yang menjadi faktor penyebab lemah jantung ini. Berikut adalah beberapa penyebabnya yang kami dapat dari web artikelduniawanita.com

Faktor keturunan

Faktor keturunan ini menjadi hal yang tidak dapat ditolak dari keberadaan penyakit lemah jantung yang diderita oleh seseorang. Jika salah satu anggota keluarga seperti orang tua atau nenek kakek yang pernah mengalami penyakit lemah jantung ini, maka bisa jadi penyakit lemah jantung yang diderita adalah kerena faktor keturunan.

Keadaan jantung yang tak prima

Kemampuan jantung untuk memompakan darah dan sari makanan yang terkandung di dalamnya akan mengalami penurunan kualitas jika jantung sedang mengalami gangguan. Keadaan jantung yang tidak prima bisa disebabkan oleh berkurangnya oksigen yang disebabkan penyempitan pembuluh darah. Kekurangan oksigen ini bila berlangsung lama dapat mengakibatkan matinya jaringan pada otot jantung disebabkan otot jantung tidak mengalami degenerasi otot seperti otot-otot yang lainnya. 

Hal ini membuat proses pemompaan darah yang dilakukan juga menurun. Degupan jantung juga dapat menyebabkan terjadinya jantung lemah. Jantung yang sering dirasakan berdebar-debar juga merupakan pertanda bahwa jantung dalam keadaan yang tidak prima sehingga menyebabkan terjadinya jantung lemah.

Keadaan darah

Keadaan darah juga sangat memberikan pengaruhnya kepada kualitas dari kerja jantung. Jika seseorang mengalami tekanan darah tinggi atau pun kurang darah, hal ini akan mempengaruhi aliran darah yang dihasilkan.

Ada juga beberapa sumber yang menyebutkan bahwa, penyakit lemah jantung disebabkan oleh beberapa faktor di bawah ini :
  • Kerusakan fungsi jantung akibat darah tinggi atau serangan jantung.
  • Kelebihan tekanan pada jantung.
  • Terdapat penyekatan aliran darah dari jantung seperti aortic stenosis.
  • Gangguan degupan jantung.
  • Penyakit lain yang dapat menyebabkan aliran darah melemah, misalnya anemia
sumber : penyakitjantungnya.blogspot. com

No comments:

Post a Comment